Pages

Wednesday 30 September 2015

Macam-Macam Software Yang Perlu Anda Tahu

Assalamu'alaikum



Anda pasti sering menggunakan software. Tetapi apakah anda tahu apa arti software itu sendiri. Menurut saya pribadi, Software adalah perangkat Lunak yang bisa digunakan namun tidak ada bentuk fisiknya. Artinya, jadi software itu tidak ada wujudnya tetapi bisa dioperasikan. 

Software tidak akan bisa digunakan tanpa adanya hardware, begitupun sebaliknya. Karena itu adalah merupakan satu kesatuan. Dalam ulasan kali ini saya akan menguraikan beberapa macam software yang setiap hari anda gunakan tetapi tidak tahu masuk kategory mana software yang anda gunakan.


1. Freeware

Software berhak cipta yang bisa digunakan secara gratis dan tidak perlu License. Jadi anda bisa menggunakan Software yang freeware tanpa ada batasan waktu. Anda tidak dapat momodifikasi software atau melihat source code tersebut karena masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. seringkali Freeware dibuat oleh pengembang untuk disumbangkan kepada komunitas. 
Contoh Software Freeware : Ccleaner, Adobe Flash Player, skype.

2.  Shareware 

Shareware sama halnya dengan Trialware adalah software terbatas yang didistribusikan secara gratis sebagai versi evaluasi dengan batasan waktu yang telah ditentukan. setelah melewati batas waktu , program atau software ini akan berhenti bekerja dan anda perlu membeli produk software ini jika anda masih tetap ingin menggunakannya.
Contoh Software Shareware : Antivirus,  WinRar.

3. Open Source

Software yang bisa anda gunakan dengan dapat membuka source code nya, anda boleh memodifikasi source tersebut dan mempublikasikan hasil modifikasi source dengan syarat-syarat tertentu semisal dengan mempertahan nama softwarenya. Tujuan dari pembuatan open source ini adalah lebih ke tujuan sosial, bagaimana software bisa menjadi bermanfaat bagi pengguna.
Contoh software open source : Pidgin, Inkscape.

4.  Custom Software

Ini adalah software yang memiliki fungsi tertentu dan biasanya software ini dipesan oleh suatu perusahaan kepada seorang programer dengan fungsi software sesuai dengan permintaan perusahaan tersebut.
Contoh Custom Software : Aplikasi penilaian, Absensi karyawan.

Akhirnya, itulah beberapa penjelasan mengenai macam-macam software. Sekarang pasti anda sudah tahu anda sering menggunakan software apa?.

0 komentar:

Post a Comment