Pages

Friday 16 October 2015

Mengenal Speaker TOA

Assalamu'alaikum 

Anda pernah mendengar speaker TOA? pasti dalam pikiran anda TOA adalah corong speaker yang ada dimasjid. Ya memang benar itu adalah TOA, tetapi tahukah anda bahwa TOA itu adalah sebuah merk yang bergerak dibidang sound sistem?

TOA Corporation adalah perusahaan produsen perangkat teknologi komunikasi yang berkantor pusat di Minatojima-Nakamachi. Didirikan oleh Tsunetaro Nakatani pada tahun 1934 dengan nama TOA Electronic Manufacturing Company yang memproduksi pengeras suara dan mikrofon yang mengacu pada tiga konsep, yaitu keamanan dan keselamatan, informasi dan komunikasi, serta audio profesional. Sumber:Wikipedia

TOA memang banyak digunakan di masjid-masjid untuk pengeras suara, digunakan untuk Adzan, Pengajian dan masih banyak lagi. Speaker TOA juga bisa kita jumpai ditempat umum, misal di stasiun, Bandara, rumah sakit dan Mall. Selain memproduksi speaker, TOA juga memproduksi amplifier, microphone, sistem suara profesional meliputi sistem suara bioskop, digital mixing dan  sistem suara untuk panggung.



Dalam sejarahnya TOA berasal dari negara Jepang. tetapi bukan berarti semua produk TOA diproduksi di Jepang. TOA sendiri sudah membangun parbiknya didaerah Cimanggis, Jawa barat. Anda jangan khawatir, pabrik TOA di Indonesia ini punya Lisensi dari TOA Jepang langsung. Jadi bisa dipastikan barangnya ini asli produk Jepang. Perusahaan di Indonesia yang memegang merk dagang TOA adalah Perusahaan Galva Group dan juga merupakan pemegang tunggal merk TOA untuk negara Indonesia.

TOA sudah tidak diragukan lagi kualitas suaranya dan terkenal dengan barang yang tahan banting atau sangat awet. Ini dibuktikan dengan tetap eksisnya atau TOA sudah identik dengan masjid. Ini merupakan sebuah tolak ukurnya.

Membuat Musik untuk Film, Video dan Blogger, Klik disini

Tips Memasang Speaker TOA  

Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara memasang speaker TOA, baik itu speaker celling atau Speaker horn(speaker corong). Perlu diketahui semua speaker TOA harus menggunakan Amplifier sebagai controlnya. Baiklah Anda bisa lihat gambar dibawah ini.


Diatas bisa dilihat ada speaker High Impedance dan Low Impedance. Biasanya untuk speaker yang impedansi tinggi atau high impedance dilengkapi dengan matching trafo. Jangan sampai anda salah pasang, bisa dilihat diatas untuk tipe-tipe speaker yang Low dan High Impedance. satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jangan memasang output 4 ohm dan 100V secara bersamaan. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada Amplifier.

Jadi, sekarang anda sudah tahu dan kenal dengan TOA. pengeras suara atau speaker memang sangat dibutuhkan dalam bidang apapun. mungkin untuk sekedar mendengarkan lagu kesayangan, untuk fasiltas umum maupun untuk perkantoran  dan pabrik

Semoga artikel ini bermanfaat. 


0 komentar:

Post a Comment