Pages

Thursday 19 November 2015

Cara Partisi Harddisk Windows tanpa software

Assalamu'alaikum 

Siapa yang tidak tahu dengan Sistem Operasi Windows, seluruh komputer diseluruh dunia rata-rata menggunakan sistem operasi ini. Tampilannya yang User Friendly membuat penggunanya merasa nyaman dan mudah dalam pengoperasiannya. 

Pada sistem Operasi Windows ada yang namanya partisi, partisi ini biasanya terdiri dari System (C:) dan Local Disk (D:) atau drive C dan D. Drive C: adalah tempat terinstalnya windows anda dan drive D: adalah tempat penyimpanan data anda. Jika anda merasa drive D: atau C anda terlalu besar dan anda ingin membagi lagi drive tersebut. anda bisa membagi partisi lagi atau memecah drive C atau D:, anda bisa melakukannnya tanpa software.

Dan Disini saya akan memberikan tutorial cara membagi partisi pada sistem operasi tanpa software dan yang pasti gratis, mudah dan aman.

Caranya adalah 
1. Anda klik kanan pada My Computer lalu pilih "Manage".
2. Setelah itu disebelah dikiri cari tulisan "Disk Management"
3. Lalu anda pilih drive mana yang akan anda bagi lagi partisinya, anggap saja anda akan membagi partisi D:
4. Pastikan posisi anda saat ini ada pada drive D: lalu klik kanan
5. Pilih "Shrink Volume", lalu tunggu beberapa saat
6. pada "Enter the mount of space to shrink" anda bisa mengatur berapa space yang anda butuhkan untuk drive yang baru. jika sudah pilih "Shrink"
7. setelah selesai maka akan ada kolom baru, tapi status masih "Unallocated"
8. Klik kanan pada "Unallocated" lalu pilih "New Simple Volume"
9. Next saja sampai finish 
10. Langkah terakhir andalah anda tinggal memformat drive baru kita tadi dan selesai.

Anda tinggal lihat di Windows Explore akan ada drive baru disana. itulah drive baru yang anda buat tadi. mudah dan aman kan dan yang pasti tanpa software dan gratis. Jika kurang jelas dengan penjelasan saya, anda bisa langsung lihat videonya dibawah ini.


0 komentar:

Post a Comment