Pages

Monday 26 October 2015

7 Teknologi Masa Depan Yang Akan Merubah Dunia

Anda pasti pernah menonton film yang ber-genre teknologi, seperti film James Bond dan Iron Man, dimana di film ini menampilkan teknologi yang canggih yang belum ada di dunia nyata. Tetapi pada kenyataanya, saat ini teknologi-teknologi yang ada pada film-film sebagian memang sudah benar-benar ada dan yang lain masih dalam tahap penelitian. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mengulas beberapa teknologi yang mampu merubah dunia.

1. Screenless display

Screenless Display adalah proyeksi dari informasi visual melalui defleksi cahaya. Cahaya ini biasanya dibelokkan melalui kabut, cermin atau film plastik. Meskipun penelitian masih berlangsung apakah udara dapat digunakan untuk membelokkan cahaya namun upaya ini belum membuahkan hasil sampai saat ini. Terlepas dari itu, ada jenis lain dari tampilan screenless juga, yaitu layar yang tidak memerlukan media perantara untuk proyeksi cahaya. Secara garis besar, Screenless dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu Visual Image, Retina Display dan Synaptic Interface.

2. Virtual Reality

Teknologi yang membuat seseorang mampu untuk melakukan simulasi terhadap suatu obyek nyata sehingga membuat seolah-seolah si pengguna terlibat secara fisik. salah satu contoh adalah pilot dapat menggunakan virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan. Secara garis besar virtual reality adalah dunia semu yang sebenarnya hanya berupa gambar yang bersifat dinamis. 

3. Holographic Television


Holographic television atau televisi hologram merupakan televisi yang menghasilkan gambar solid yang bergerak dalam bentuk 3D yang nyata. Sistem yang bekerja pada televisi ini adalah sistem holografis. Pada sistem ini, kamera stereokopis merekam pantulan cahaya dari gambar kemudian memancarkan cahaya tersebut ke kedua mata penonton di dua sudut berbeda. Jadi Televisi hologram ini kurang lebih seperti televisi 3D namun kita tidak perlu menggunakan kacamata 3D lagi, karena sudah diproyeksikan secara langsung. Sistem ini disebut 3D Auto Streoscopic.

4. Wireless Electricity 


Merupakan trasmisi daya listrik dari sumber listrik ke perangkat tanpa menggunakan media kabel. Jadi kita tidak memerlukan kabel lagi untuk charger handphone, menghidupkan televisi dan steker tidak diperlukan lagi. Akan tetapi masalah keamanan masih dipertanyakan, karena teknologi ini ada dampak radiasi elektromagnetis. maka saat ini para peneliti terus berusaha untuk menggunakan frekuensi yang menghasilkan medan magnet kuat dengan beban elektromagnetis kecil dan sekarang telah diluncurkan teknologi WREL yang benar-benar aman bagi manusia. Jadi selamat datang di dunia nirkabel.

5. Hypersonic Trains 


Ini merupakan trasnportasi kereta yang super cepat dan akan menjadi alternative dari trasnportasi udara masa depan. Para ilmuan di Cina telah melakukan tes konsep kereta yang dinamakan Super-Maglev yang mampu mencapai kecepatan 2900 kmph. Proyek yang hampir sama di Amerika adalah bernama Hyperloop dan diprediksi dapat terealisasi secepatnya di tahun 2040. Hyperloop diklaim tidak akan pernah tabrakan, 2 kali lebih cepat dari pesawat dan 4 kali lebih cepat dari kereta listrik. Anda bisa membayangkan betapa cepatnya kereta ini berjalan.

6. Neurohacking 

Neurohacking adalah cara dimana anda dapat membaca pikiran orang-orang dengan mesin. Hal ini masih dalam proses yang terjadi di University of California, Berkeley dan beberapa tempat lainnya. Ini adalah proses dimana decoding gelombang otak dapat mengkonversi menjadi aktivitas listrik. Misalkan, Ketikan anda ingin mengingat sesuatu , terkadang anda tidak dapat mengingat hal itu. Dengan teknologi ini Anda bisa mengingat hal-hal yang anda lupa. Menurut saya hal ini sedikit mengerikan, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang dapat memberitahu pikiran anda. Memanipulasi keinginan dan hasrat dalam pikiran orang. Jadi bukan komputer saja yang bisa di hack, tapi pikiran kita juga bisa di hack.

7. Invisibility

Invisibility adalah dimana suatu objek yang tidak dapat dilihat. Sebuah objek dalam keadaan ini dikatakan tidak terlihat atau istilahnya gaib. Namun efeknya juga dapat ditunjukkan dalam dunia nyata, khususnya dalam fisika dan psikologi persepsi. Ini mungkin teknologi yang paling menyeramkan, bayangkan jika kita sedang mandi ada orang yang memperhatikan kita tanpa kita dapat melihatnya layaknya hantu, Mengerikan bukan.

Bagaimana? Anda sudah siap menyambut teknologi yang luar biasa ini, semoga dengan kemajuan teknologi ini, akan membuat dunia semakin maju dan mempermudah semua pekerjaan kita di masa mendatang.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment